Kementerian ATR BPN dan Pemkab Minsel Siapkan Rumah Pengganti Pasca Abrasi Pantai Amurang

- Senin, 20 Juni 2022 | 00:38 WIB
Penyerahan simbolis dana bencana dari BNPB dan diterima Bupati Minahasa Langsung. (Pemkab Minahasa Selatan)
Penyerahan simbolis dana bencana dari BNPB dan diterima Bupati Minahasa Langsung. (Pemkab Minahasa Selatan)


My Sulut - Kedatangan Kepala BNPB RI Letjen TNI, Suharyanto, pasca bencana abrasi pantai Amurang, Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut), turut membawa kabar gembira, karena Kementerian ATR BPN dan pemerintah kabupaten, bekerja sama menyiapkan rumah pengganti.

Rumah pengganti, menurut Suharyanto, akan diberikan kepada para korban yang kehilangan rumahnya, setelah abrasi pantai Amurang terjadi, pada Rabu 15 Juni 2022 lalu.

Dikatakan Suharyanto, saat ini Kementerian ATR BPN dan Pemkab Minsel, telah menyiapkan beberapa lahan untuk dibangun rumah pengganti, bagi keluarga-keluarga yang kehilangan rumah, ketika bencana terjadi.

Baca Juga: Indahnya Keberagaman, Ada Karnaval Budaya Jawa di Sulawesi Utara

Dijelaskan juga, saat ini Kabupaten Minsel dalam status siaga bencana selama dua minggu, dan  BNPB telah menyerahkan dana tanggap darurat sebesar 500 juta termasuk logistik, yang diantaranya bantuan sembako.

BNPB juga akan melakukan kajian, sehubungan dengan dana yang dibutuhkan, karena khusus anggaran penanggulangan bencana dari pemerintah pusat, tidak terbatas.

"Sudah diserahkan BNPB sebesar 500 juta untuk fase ke pengungsi, termasuk logistik dan nanti akan dikaji sesuai kebutuhan. Tidak ada batasan anggaran dari pemerintah pusat, sampai musibah ini teratasi," ungkap Suharyanto.

Baca Juga: Tolak DOB dan Otonomi Khusus Jilid II, Mahasiswa Wilayah Adat Mepago di Sulut Gelar Aksi Damai

Suharyanto memberikan apresiasi kepada TNI, Polri bersama Pemkab Minsel, atas kesigapan mengambil tindakan penanganan bencana, dengan mengevakuasi warga masyarakat korban bencana abrasi pantai Amurang. ***

Editor: Wenseslaus Leriando Kambey

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X